Selasa, 15 Juni 2010

MENGGUNAKAN HEADER, FOOTER, DAN NOMOR HALAMAN HEADER MS WORD

Dalam menambahkan header pada dokumen anda dengan cara berikut ini:
  1. Aktifkan tab Insert.
  2. Klik tool Header yang terletak di dalam grup Header & Footer.
  3. Pilih salah satu model Header yang anda gunakan.
  4. Ketikkan judul header dokumen anda pada bagian Year.
  5. Lakukan klik ganda di luar area header.
Untuk menghilangkan header dari dokumen anda, caranya sebagai berikut:
  1. Aktifkan tab Insert.
  2. Pada grup Header & Footer, klik tool Header.
  3. Selanjutnya, pilih Blank pada menu pop-up yang muncul.
  4. Hapus tulisan “Type text” yang ada di bagian header.
  5. Dengan demikian, keberadaan header di dokumen anda akan hilang.
FOOTER
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menambahkan folder pada dokumen adalah sebagai berikut:
  1. Aktifkan tab Insert.
  2. Klik tool Footer yang terletak di dalam grup Header & Footer.
  3. Pilih salah satu model Footer yang akan anda gunakan.
  4. Ketikkan alamat anda pada bagian Type the company address.
  5. Klik ganda di luar area footer.
Cara menghilangkan footer dari dokumen anda sama dengan cara menghilangkan header, yaitu:
  1. Aktifkan tab Insert.
  2. Pada grup Header & Footer, klik tool Footer.
  3. Selanjutnya, pilih Blank pada menu pop-up yang muncul.
  4. Hapus tulisan “Type text” yang ada di bagian footer anda.
  5. Footer di dokumen anda akan dihilangkan.

Page Number
Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menambahkan nomor halaman pada dokumen anda.
  1. Aktifkan tab Insert.
  2. Klik tool Page Number yang terletak di dalam grup Header & Footer.
  3. Selanjutnya, akan muncul menu pop-up yang berisikan posisi penomoran.
  4. Pilih salah satu model penomoran halaman.
Dan dapat juga memformat nomor halaman dengan cara sebagai berikut:
  1. Klik tab Insert.
  2. Pada grup Header & Footer, klik tool Page Number.
  3. Pilih opsi Format Page Numbers pada menu pop-up yang muncul.
  4. Setelah muncul kotak dialog Page Number Format, klik kotak Number format.
  5. Pada kotak Start at, tentukan nomor halaman awal pada dokumen anda.
  6. Klik OK untuk melihat hasilnya.
MENGGUNAKAN FOOTNOTE DAN ENDNOTE
Footnote sering dikenal sebagai catatan kaki. Hal ini disebabkan karena posisinya yang terletak di bagian bawah masing-masing halaman.
BEKERJA DENGAN FOOTNOTE
Untuk membuat catatan kaki, langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Pada dokumen aktif, letakkan kursor di akhir kata atau teks yang akan diberi keterangan.
  2. Aktifkan menu References.
  3. Pada toolbar Footnotes, klik tool Insert Footnote.
Penjelasan masing-masing keterangan footnote:
  • Next Footnote: menuju ke lokasi catatan kaki selanjutnya.
  • Previous Footnote: menuju ke lokasi catatan kaki sebelumnya.
  • Next Endnote: menuju ke posisi catatan akhir selanjutnya.
  • Previous Endnote: menuju ke posisi catatan akhir sebelumnya.
BEKERJA DENGAN ENDNOTE
Berbeda dari catatan kaki, posisi catatan akhir terletak di bagian akhir halaman. Untuk menambahkan catatan akhir, langkah-langkahny adalah sebagai berikut:
  1. Letakkan kursor di akhir kata atau teks yang akan diberi keterangan.
  2. Aktifkan tab References.
  3. Pada grup Footnotes, klik tool Insert Endnotes.
  4. Perhatikan perubahan yang terjadi pada teks anda.
Memformat Paragraph
  • Macam-macam jenis pemformatan paragraph, diantaranya:
  1. Mengatur perataan (alignment)
  2. Jarak spasi
  3. Penomoran otomatis, dan
  4. Pemberian bingkai pada paragraph atau teks tertentu
  1. Mengatur Perataan Paragraph
Terdapat 4 jenis perataan, yaitu left (paragraph rata kiri), center (paragraph rata kanan), right (paragraph rata kanan), dan justify (paragraph rata kanan kiri).
  1. Mengatur Jarak Spasi Antarbaris
Cara mengatur jarak spasi antarbaris, diantaranya:
  1. Aktifkan tab Home
  2. Klik tool Line Spacing
  3. Pilih jarak spasi yang akan digunakan
  4. Menggunakan Penomoran Otomatis
Penomoran otomatis biasa digunakan untuk membuat suatu daftar secara urut.
Adapun cara penggunaannya sebagai berikut:
  1. Ketik terlebih dahulu teks yang akan diberikan nomor otomatis
  2. Seleksi teks tersebut
  3. Aktifkan tab Home
  4. Klik tombol panah yang terletak disebelah kanan tool Numbering
  5. Pilih model penomoran yang akan digunakan
  1. Memberikan Bingkai pada Paragraph atau Teks Tertentu
Adapun cara penggunaannya sebagai berikut:
  1. Seleksi teks atau paragraph yang akan diberi bingkai
  2. Klik tombol segitiga yang terletak disebelah kanan tool Border
  3. Pilih jenis bingkai
MENGGUNAKAN KOLOM
Pada kondisi- kondisi tertentu, kolom mempunyai fungsi yang luar biasa, Karena dengan kolom dokumen akan menjadi lebih rapih, teratur, dan yang lebih penting tampilannys tidak membosankan atau monoton.
Membuat Kolom Baru
Untuk membuat kolom baru, caranya alalah sebagai berikut:
  1. Klik tab Page Layout.
  2. Pada grup Page Stup, klik tool Columns. Selanjutnya akan muncul menu pop-up yang memberikan beberapa pilihan kepada Anda tentang model kolom.
  3. Pilih salah satu dari beberapa model kolom yang ditawarkan tersebut.
Mengatur Ukuran Kolom
Anda dapat mengatur ukuran kolom dengan cara sebagai berikut:
  1. Klik tab Page Layout.
  2. Klik tool Columnsyang terletek di dalam grup Page Stup. Kemudian pada daftar menu muncul, pilih More Columns.
  3. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog Columns. Tentukan banyaknya kolom yang akan Anda gunakan.
  4. Hilangkan tanda cek pada Equal Column Width.
  5. Masukkan ukuran kolom yang akan Anda gunakan pada bagian Width, dan ukuran spasi antar kolom pada bagian Spacing.
  6. Klik OK untuk melihat hasilnya.
Memodifikasi Jumlah Kolom
Anda dapat memodifikasi jumlah kolom dengan cara sebagai berikut:
  1. Klik tab Page Layout.
  2. Pada grup Page Stup, klik tool Columns.
  3. Klik More Columns pada menu pop-up yang muncul.
  4. Selanjutnya, masukkan jumlah kolom yang akan Anda gunakan pada kotak Number of columns.
  5. Klik OK untuk melihat hasilnya.
Menambahkan Garis Pemisah Antar Kolom
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan garis pemisah antar kolom.
  1. Klik Page Layout
  2. Klik tool Columns yang terletak di dalam grup Page Stup.
  3. Pada menu pop-up yang muncul , pilih More Columns.
  4. Setelah muncul kotak dialog Columns, berikan tanda cek pada Line Between.
  5. Klik OK untuk melihat hasilnya.
Menggunakan tabel
Bagi kalangan tertentu, tabel memiliki peranan yang sangatlah penting dalam pembuatan suatu dokumen, seperti dokuman keuangan, persediaan, daftar nilai, dan lain-lain. Dalam materi ini kami akan menjelaskan tetang cara pembuatan kolom tabel dalam Ms.Word 2007.
Membuat tabel baru .
Membuat tabel baru merupakan cara paling dasar dalam membuat kolom pada tabel.
  1. Aktifkan tab Insert
  2. Klik tool Table yang terletak di dalam grup Tables.
  3. Setelah itu akan muncul format kotak yang siap untuk di isi sesuai dengan kehendak yang Anda inginkan.
  4. Setelah itu Anda hanya cukup menandai jumlah kotak, yang anda inginkan.
Selain cara tersebut Anda dapat pula membuat kolom secara manual dengan lebih banyak jumlah kolom yang Anda inginkan.
  1. Aktifkan tab Insert.
  2. Klik tool Table yang terletak didalam grup Tables.
  3. Klik opsi Insert Table
  4. Setelah itu akan muncul kotak dialog Insert Table, isikan banyaknya kolom pada bagian Number of Colomns, dan banyaknya baris pada bagian Number of Rows.
  5. Klik Ok dan isi
No Nama Mahasiswa Kelas Nilai
1 Zaza 1 KA 02 70
2 Miat 1 KA 05 90
3 Monang 1 KA 09 74
4 Sutaya 1 KA 11 85
Menambah komponen tabel
Suatu tabel memiliki komponen-komponen yang terdiri atas baris, kolom, dan sel. Dalam materi menambah komponen tabel kami akn menjelaskan bagaimana cara kerja penambahan kolom tabel yang ada di Ms.Word 2007 ini.
Menambah baris
  1. Letakkan kursor pada posisi yang di inginkan.
  2. Pada Table Tools, klik tab Layout.
  3. Lalu pilih mana bagian yang akan ditambahkan.
Bentuk-bentuk insert pada table :
Menggunakan (insert above) untuk menambahkan kolom yang berada diatas.
Menggunakan (insert below) untuk menmbahkan kolom yang berada dibawah.
Mennggunakan (insert left) untuk menambahkan kolom yang berada di sebelah kiri.
Menggunakan (insert right) untuk menambahkan kolom di sebelah kanan.
  • · Merubah Tampilan Pada Office 2007Dalam Microsoft Word 2007 merubah tampilan Microsoft terdapat banyak perubahan yang dapat dirubah tampilanya, disini akan dijelaskan 2 hal tampilan yang dapat dirubah dalam Microsoft Word 2007 yaitu:
A. Tampilan Document
B. Tampilan Window
  1. A. Tampilan Document
Tampilan Document terdapat 5 dalam MS Word 2007, diantaranya adalah:
  1. Print Layout : Merubah tampilan MS Word dengan tampilan kertas yang akan dicetak
  1. Full Screen Reading : Merubah tampilan MS Word dengan tampilan menyeluruh
  1. Web Layout : Merubah tampilan MS Word dengan tampilan seperti dalam Web
  1. Outline : Merubah tampilan MS Word dengan tampilan seperti kerangka teks
  1. Draft : Sama Seperti tampilan Outline hanya saja lebih rinci tanpa ada batasan
Cara untuk merubah tampilan document yaitu;
  1. 1. Jalankan program MS Word 2007, lalu tunggu hingga work area muncul
  2. 2. Pada Menu Pilihlah Menu View dan pilihlah salah satu tampilan pada Document Views yang akan dipilih
  1. B. Tampilan Window
Tampilan window ini merubah background pada MS Word 2007 terdapat 3 warna dasar pada tampilan ini yaitu, Blue Silver dan Black, adapun cara untuk merubahnya ialah:
  1. 1. Bukalah program MS Word 2007, lalu tunggu hingga tampilan work area muncul sepenuhnya
  2. 2. Klik Kanan pada icon MS Office yang ada di ujung kiri atas, setelah itu pilih Customize Quick Access Toolbar




  1. 3. Pilih menu Popular dan pilih Color scheme dan pilihlah warna background yang di inginkan

  • Menggunakan Drop Cap

Di dalam MS Word 2007 terdapat juga fitur drop cap dimana fitur ini membantu kita untuk membuat karangan atau tulisan kita lebih menarik dan menonjolkan kata pertama dalam paragraph. Adapun cara – cara untuk menggunakan fitur ini ialah:
  • Bukalah Program MS Word 2007, dan tunggu hingga tampilan work area muncul
  • Pilih menu insert, setelah itu tampil icon Drop Cap pada Sub Menu Text
  • Lalu pilihlah paragraph yang kata pertamanya ingin digunakan Drop Cap, klik daerah paragraph tersebut
  • Lalu klik icon Drop Cap dan pilih yang di inginkan
  • Jika kita ingin mengatur tata letak drop cap, pilih Drop Cap Options
Menggunakan Objek
  1. Menyisipkan objek
    1. Menyisipkan file gambar
      1. Letakkan kursor pada posisi gambar akan ditempatkan.
      2. Aktifkan tab Insert.
      3. Klik tool Picture yang terletak di dalam grup Illustrations.
      4. Setelah muncul kotak dialog Insert Picture, tentukan lokasi folder penyimpanan gambar .
      5. Pilih gambar yang akan dimasukkan ke dalam dokumen. Setelah itu, klik Insert.
      6. Menyisipkan Clip Art
        1. Letakkan kursor pada posisi yang akan ditempati oleh objek.
        2. Aktifkan tab Insert. Klik tool Clip art yang terletak di dalam grup Illustrations.
        3. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog Clip Art di jendela Microsoft Word sebelah kanan.
        4. Pilih salah satu gambar yang akan dimasukkan ke dalam dokumen.
        5. Double-click pada gambar tersebut.
        6. Menyisipkan gambar bangun
          1. Letakkan kursor di lokasi objek yang akan dimasukkan.
          2. Aktifkan tab Insert.
          3. Klik tool Shapes, sehingga akan muncul daftar gambar bangun yang dapat digunakan.
          4. Klik salah satu bangun yang akan dimasukkan ke dalam dokumen.
          5. Selanjutnya, kursor akan berubah menjadi tanda plus. Klik di daerah yang akan disisipkan objek, kemudian drag ke arah luar untuk membuat objek dan mengatur ukurannya.
          6. Memformat objek
            1. Menggunakan fasilitas Visual Style
              1. Klik objek yang akan diatur style-nya.
              2. Pastikan tab yang aktif pada Ribbon saat ini adalah tab Format.
              3. Klik tombol More pada tool Visual Styles, grup Shape styles.

              4. Setelah muncul palet Styles, pilih salah satu style yang diinginkan.
              5. Memberikan warna pada objek secara manual
                1. Klik objek yang akan diatur warnanya.
                2. Aktifkan tab Format.
                3. Perhatikan pada grup shape Styles. Klik tanda panah yang terletak di sebelah kanan tool Shape Fill.
                4. Setelah muncul palet warna, pilih warna yang akan digunakan pada objek.
                5. Menentukan jenis dan warna garis pada objek
                  1. Klik objek yang akan dimodifikasi.
                  2. Aktifkan tab Format.
                  3. Perhatikan pada grup Shape Styles. Klik tanda panah yang terletak di tool Shape Outline.
                  4. Setelah muncul menu pop-up Shape styles, pilih warna pada palet warna yang telah disediakan.
                  5. Kembali ke menu pop-up Shape Styles, pilih opsi Weight, kemudian pilih ketebalan garis yang akan digunakan.
                  6. Masuklah kembali ke menu pop-up Shape Styles.
                  7. Pilih opsi Dashes, kemudian pilih jenis garis sesuai keinginan.
                  8. Menambahkan bayangan pada objek.
Memberi bingkai pada halaman
  1. Aktifkan tab Page Layout.
  2. Klik tool Page Borders yang terletak di dalam grup Page Background.
  3. Setelah muncul kotak dialog Borders and Shading, klik kotak Art yang terletak di bagian bawah kotak dialog tersebut.
  4. Pilih model bingkai yang akan digunakan.
  5. Masih di dalam kotak dialog Borders and Shading, klik tombol Options, sehingga akan muncul kotak dialog Borders and Shading Options.
  6. Pada bagian Margin, masukkan nilai Top, Bottom, left, Right sebagai margin bingkai.
  7. Klik OK lalu klik OK untuk keluar dari kotak dialog Borders and Shading.
Menggunakan WordArt
  1. Menyisipkan WordArt
    1. Klik tab Insert.
    2. Pada grup Text, klik tool WordArt.
    3. Selanjutnya, akan muncul pilihan-pilihan style yang dapat digunakan. Klik salah satu style.
    4. Pada kotak dialog Edit WordArt Text, ketikkan teks, lalu klik OK.
    5. Memformat WordArt
      1. Mengedit teks WordArt
        1. Klik objek WordArt.
        2. Pastikan tab Format telah aktif.
        3. Klik tool Edit Text yang terletak di dalam grup Text.
        4. Ganti teks lama dengan teks baru, lalu klik OK.
        5. Mengganti style WordArt
          1. Klik objek WordArt.
          2. Pastikan tab Format telah aktif.
          3. Perhatikan grup WordArt Styles. Klik tombol More untuk melihat style secara lengkap.
          4. Pilih salah satu style yang akan digunakan.
          5. Mengganti warna teks
            1. Klik objek WordArt.
            2. Pastikan tab Format telah aktif.
            3. Klik tanda panah yang terletak di sebelah kanan tool Shape Fill.
            4. Setelah menu pop-up Shape Fill, pilih warna palet warna yang disediakan.
            5. Mengganti bentuk teks WordArt
              1. Klik objek WordArt.
              2. Pastikan tab Format telah aktif.
              3. Klik tool Change Shape yang terletak di grup WordArt Styles.
              4. Selanjutnya, akan muncul menu pop-up yangmenawarkan bentuk-bentuk objek WordArt yang dapat digunakan. Pilih salah satu bentuk yang sesuai dengan kebutuhan.
Memformat Font
Dalam memformat font,yang umum dilakukan adalah mengatur jenis,ukuran,style,warna,dan warna latar belakang huruf.
  1. Mengubah jenis Huruf.
Cara mengubah jenis huruf adalah:
  1. Aktifkan tab home.
  2. Klik di kontak font.
  3. Pilihlah satu jenis font yang akan anda gunakan.
    1. Mengubah ukuran Huruf
cara mengubah ukuran font adalah:
  1. Seleksi huruf yang akan anda atur ukuran hurufnya.
  2. Klik tool Font size yang terletak didalam tab home-grup
  3. Pilih ukuran yang anda inginkan
    1. Mengubah style huruf
Cara mengubah style huruf adalah:
  1. Klik tab home.
  2. Klik tool bold B,Italic I,atau Underline,anda dapat memilih lebih dari stu style pada satu style pada satu huruf.Sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  3. Ketikkan teks baru.Dengan demikian teks baru tersebut kan memilik style sesuai dengan style yang anda aktifkan.
    1. Memberikan Warna pada Huruf(Font color)
Cara memberikan warna pada huruf adalah:
  1. Aktifkan tab home.
  2. Klik tombol panah yang terletak disebelah kanan tool Font color A.
  3. Pilih Warna yang anda inginkan.
  4. Ketik teks baru,dengan demikian,teks baru tersebut akan memiliki warna sesuai dengan yang anda pilih sebelumnya.
  1. Memberikan wana pada latar belakang(text Highlight color)
Cara memberikan warna pada latar belakang adalah :
  1. Aktifkan tab home.
  2. Klik tombol segitiga yang terletak disebelah kanan tool text highlight color.
  3. Pilihlah salah satu warna yang akan anda gunakan sebagai latar belakang teks.
  4. Ketikan teks baru.

Tidak ada komentar: